2011-ku yang penuh warna :D (part one)

Postingan kedua gue nih. Berhubung hari ini tanggal 31 Desember 2011, hari terakhir di tahun 2011, dimana tahun ini merupakan tahun yang SUPER abis, jadilah gue mencoba untuk cuap-cuap sedikit tentang sepenggal cerita yang udah gue lalui di sepanjang tahun ini, berhubung ceritanya banyak maka gue bikin jadi dua bagian deh, dan yang ini adalah yang part one-nya. Come on, lets check it out and enjoy :D


January 2011
Malam tahun baru 2011 gue lewatin di rumah aja bareng nyokap tercinta sama keponakan gue Diaz. Cuma ngeliatin kembang api yang berwarna-warni aja di depan rumah (biasa banget deh pokoknya haha). Sebenernya waktu itu diajakin bakar-bakarn sama temen SMA tapi dengan sangat terpaksa gue tolak karena saat itu lagi minggu-minggu ujian (nyesel ceritanya). Awal tahun 2011 gue diisi dengan serangkaian UAS MKU dan MKDK beserta Ujian Akhir Praktikum (UAP) semester 093, semester ini adalah semester pertama gue di Prodi Pendidikan Biologi Reguler 2010. Semester ini cukup melelahkan akibat harus mengerjakan berbagai macam laporan praktikum (tiga doang sih padahal haha) mulai dari FISIKA DASAR, KIMIA DASAR hingga BIOLOGI UMUM (in fact dua yang pertama menjadi yang terberat fiuh~). 


Momen dimana koloni PBR10 sedang mengerjakan laporan praktikum.

Lanjut ke UAS, beberapa UAS yang gue HARUS gue hadapi antara lain yaitu teori Biologi Umum (PG + essay), teori Fisika Dasar (soal essay dari bukunya Pak Serway~), UAP Kimia Dasar (lumayan lah soalnya walaupun essay ^^), Matematika Dasar (paling berat nih belajar buat UAS yang satu ini ckck), Teori Kimia Dasar, sama UAS Pengantar Ilmu Pendidikan take home berupa tugas observasi ke salah satu TK, yang beuh ditolak sama dua TK yang gue tuju sebagai tujuan observasi gue, sedih banget karena itu terjadi pada hari yang bersamaan dan malangnya kondisi gue lagi kurang fit waktu itu, namun dengan penuh semangat 45 gue pun tetap melanjutkan pencarian (halah~). Alhamdulillaaah diterima untuk observasi di TK Pertiwi. Setelah minta izin sama ibu kepala sekolahnya, keesokan harinya pun gue langsung observasi disana (y). Alhamdulillah dapet pengalaman baru abis observasi itu, jadi tau gimana susahnya mengajar, terutama ngajar anak TK yang masih unyu banget dan kadang susah diatur. Tapi so far para ibu guru disana tetep bisa nge-handle itu semua (KEREEEN :D).


Di bulan ini juga IP pertama gue keluar. Deg-degan parah pas buka SIAKAD, susaaaaah banget buat LOG IN doang ckck. Tapi itu semua terbayar ketika tau IP gue 3,50 (y). Alhamdulillaaah SESUATU banget rasanya dapet IP segitu, tapi tapi ga boleh seneng dulu, itu berarti tugas gue nambah nih semester depan yaitu buat mempertahankan IP gue itu dan kalo bisa naik ya Alhamdulillah lagi tentunya (aamiin).

February 2011

Pas liburan sempet ikutan pengamatan burung (untuk pertama kalinya) di Monas.

Perkuliahan semester 094 pun dimulai tepat tanggal 14. Minggu awal sih masih perkenalan. Oh iya di bulan ini gue coba-coba isi Open Recruitment-nya BEMJ Biologi loh, trus lanjut ikut interview sama Kak Runni, dan alhamdulillah keterima jadi staff INFOKOM-nya BEMJ Biologi, yang nama kerennya itu Departemen Kreasi, Komunikasi dan Informasi (KARNIFORA), seneeeeeng banget :D

March 2011
Mulai sibuk kuliah, mulai banyak tugas, mulai banyak presentasi, mulai banyak praktikum, mulai ikutan organisasi. Diawali dengan ikutan pra-raker BEM FMIPA yang pada saat itu diketuai oleh Kak Gilang (Biologi’08). Acaranya lumayan seru, bisa ketemu temen-temen dari jurusan lain yang sama-sama membidangi Departemen INFOKOM.

PBR10 go pink! 

Disini PBR kerja bakti di sebelah Laboratorium Zoologi yang dilanjutkan dengan nanem Heliconia sp, dan terlihat semua kompak berbusana nuansa pink dan hanya gue yang beda sendiri karena gue udah nge-pink di hari sebelumnya haha udah kayak anak ilang dah beda sendiri kostumnya ckck.

Lanjut ke Raker BEMJ Biologi, berlangsung dua hari (25-26) dan nginep di rumah temen sekelas gue, Ade Yono.


Gue mau sedikit cerita nih, Di BEMJ Biologi ada dua biro dan lima departemen, yaitu Biro DAUN untuk menaungi mahasiswa yang memiliki jiwa enterpreunership; dan Biro KESTARI yang bergerak di bidang kesekretariatan atau administrasi. Selanjutnya, untuk departemen, ada Departemen DIKLIT untuk menaungi mahasiswa yang senang berkegiatan di bidang kependidikan dan penelitian; Departemen AVES yang berkaitan langsung dengan kesejahteraan mahasiswa; Departemen KARNIFORA yang menaungi mahasiswa yang senang berkreasi dan berinteraksi dengan orang banyak; Depertemen BIO-C untuk menaungi mahasiswa yang memiliki kemampuan lebih dalam pembinaan akhlak dan agama; Departemen KADERISASI yang ranah kerjanya untuk mencari kadar-kader berbakat untuk BEMJ Biologi.

Kepengurusan BEMJ Biologi 2011/2012 yaitu ketua Rahman Fadli; sekum HK Tyas; Bendum Fajarani; KaBir Kestari Tina dengan staff Rina, Reaneeta; KaBir Daun Dwi dengan staff Wiwit, Adila, Firly, Intan; KaDept Demokrasi Shofy dengan staff Chaca, Riko, Andi, Jani, Puspita; KaDept AVES Hana dengan staff Aziiz, Fathan, Juliadi, Evy, Rere, Luluk; KaDept DIKLIT Rahmat dengan staff Daniar, Firdha, Rezki, Daus, Maul, Ade, Wiena; KaDept Bio-C Fitri dengan staff Mei, Nurbaeti, Ardi, Irfan, Septi; Kadept KARNIFORA Ranay dengan staff Atsnah, Hardi, Aulia AJ, Indah CP, Debi, Esihana, Shanty dan gue sendiri Wahyu FN.

Yes, here we are, aktif, cerdas, dan kontributif :)

Di raker ini intinya sih ngebahas proker-proker apa aja yang bakal kita kerjain selama satu tahun ke depan ini. Nah berhubung gue ada di Dept. Karnifora, prokernya antara lain, Media Informasi dan Kreativitas Biologi (MIMIKRI), Speaker-Bio (sosialisasi pra dan pasca acara BEMJ Biologi), Bulletin MIPA (BUMI) yaitu kerja bareng INFOKOM BEM FMIPA, dan Dialog Interaktif Jurusan Biologi (DIFUSI).

Tak lupa foto bareng Karnifora’s crew :D

April 2011
Ada kunjungan temen-temen dari Universitas Bengkulu nih, dan untuk pertama kalinya gue jadi Sie HPD (dadakan sih sebenernya haha).


Karnifora’s crew juga bikin mimikri edisi perdana loh, tepat di hari ulang tahun gue ^^ (tapi sayang ga dipasang hiks)


Perkuliahan gue mulai disibukkan dengan UTS beberapa matkul, dan yang paling berkesan itu adalah pas Field Trip pertama kalinya ke Pulau Bira Besar di Kepulauan Seribu. Field Trip kali ini sebagai penunjang matkul Botani I dan Zoologi I loh. Seru banget disana ketemu berbagai macam Invertebrata, yaitu..
Filum Porifera (Aplysina sp), Filum Cnidaria : ubur-ubur (Mastigias sp), terumbu karang (Acropora sp), karang otak (Platygyra sp), Filum Echinodermata : bintang laut (Linckia laevigata), bantal raja (Culcita sp), sand dollar (Encope sp), teripang (Holothuria sp), bulu babi (Diadema sp), bintang ular laut (Ophiocoma sp).

 
Ini nih yang jadi bahan pencarian kelompok gue di Bira bareng Adila, Fitri, Ririe dan Septi, yaitu Filum Mollusca, jenis yang kami temukan yaitu siput laut tanpa cangkang (Nudibranchia), kima (Tridacna sp), Octopus sp, siput uang (Cypraea sp), dan bivalvia.

foto cover hasil karya gue :)
 
Nah untuk botani, disana kita ngamatin alga (Padina sp, Turbinaria sp, Sargassum sp, Halimeda sp), lumut daun (Musci), lichen dan paku (Nephrolepis sp, Pyrrosia sp, Microsorum sp)


Tak lupa mengabadikan momen bersama PBR10 di Pulau Bira^^

May 2011
Masih disibukkan dengan rutinitas perkuliahan gue, dan satu kebiasaan gue yang belum hilang yaitu “telat”. Pasti deh kalo kuliah pagi gue dateng paling belakangan ckck. Ya maklumlah Depok-Rawamangun itu kan jauuuuuh ya. Butuh waktu sekitar dua jam untuk sampai kampus, kalo lagi macet gila ya bisa sampai 2,5-3 jam ckck. Bahkan pas UAS English pun gue telat setengah jam, parah kan belom apa-apa udah panik duluan, mana soal PG-nya banyak ada reading-nya pula haaah.

Karnifora's crew bikin mading tentang hardiknas dan harkitnas nih :)

   
June 2011                                                                   
Awal juni gue ikut Studi Ilmiah Biologi di Taman Wisata Alam Telaga Warna, Cibulao, Jawa Barat (salah satu prokernya anak DIKLIT). Dengan bermodal nekat gue ngambil bidang herpetofauna (padahal asli belom pernah megang katak ataupun kodok ckck). Disini gue sekelompok sama Dhany, Nadia, Nisa, dan Rere. Acaranya seru banget dan terbukti gue berhasil mengobati ketakutan gue tentang katak dan kodok. Ternyata mereka tuh lucu-lucu banget yah haha. Yang paling menarik perhatian gue adalah Microhyla sp karena ukuran tubuhnya itu kecil banget dan jenis ini yang paling sering gue tangkep kemarin hehe, yang kedua adalah Rhacophorus reinwardtii, sumpah itu katak cantik banget warnanya hijau muda dengan sisi lateral warna kuning bintik-bintik, terus kakinya warna kuning dengan selaput warna biru. Nah selanjutnya kita bikin proposal penelitian tentang Variasi Morfologi Philautus aurifasciatus di Taman Wisata Alam Telaga Warna, Cibulao.


foto bareng peserta SIMBOL 2011

Pertengahan bulan PBR10 sempet jalan bareng ke TSM Ragunan. Refreshing sebelum UAS ceritanya hehe.


Bertepatan dengan HUT DKI Jakarta Karnifora’s crew bikin MIMIKRI nih, “Only in Jakarta”


Selang beberapa hari gue ke TSM Ragunan lagi, ada pengamatan burung sebagai salah satu alur pelantikan KPB Nycticorax UNJ.

Akhir bulan ini gue dapet amanah jadi koordinator HPD di MPA Jurusan Biologi 2011. Berat nih kayaknya tapi tetep harus semangaaat.

Ada temu perdana panitianya nih di MONAS.

Segitu dulu ya ceritanya, gak kerasa ya udah banyaaak yang gue tulis, lebih tepatnya yang gue curhatin maksudnya hehe. Sebenernya masih ada lanjutan cerita di bulan Juli hingga Desember 2011 ini. Masih pengen berbagi ceritaaa, tapi apa daya tugas biokimia dan statdas gue sudah meraung-raung memanggil gue untuk segera dikerjakan. Minggu depan udah mulai UAS dan semakin tidak tahu lah gue kapan akan posting lanjutan dari cerita ini hehe. So ditunggu saja ya. See you and HAPPY NEW YEAR 2012, hope can be better than before :)

This entry was posted in

Leave a Reply